Rabu, 23 November 2011

internet meme di indonesia


Pernah dengar Internet Meme? belum? tapi pernah nonton Sinta-Jojo, Udin Sedunia, atau Momoy Palaboy kan? nah itulah yang dinamakan “Internet Meme.”Internet meme adalah sebuah ide (biasanya lucu) yang disebar melalui bentuk hyperlink, video, gambar, situs, hashtag, atau hanya sebuah kata atau frase. Meme ini menyebar melalui social media, email, forum, dan sebagainya.
Kalau menurut saya, salah satu Internet meme pertama adalah kalimat Cinta Laura “aduh mana ujan bechek ga ada ojek” yang langsung menyebar di Internet dengan berbagai macam versi - tergantung kreasi para pengguna Internet - sampai-sampai ada lagu hip-hopnya.
Sementara meme yang paling terkenal di Indonesia menurut saya adalah ‘Pertamax’. Kata ini pertama kali muncul di forum kaskus yang mempunyai arti kurang lebih adalah postingan pertama dalam thread. Pertamax pun hadir dalam berbagai versi/gambar, dan kemudian menyebar ke forum-forum lain, blogspot, bahkan dalam bentuk tulisan di facebook.
contoh dari meme Pertamax
Jika luar negeri punya 4chan sebagai forum yang sering melahirkan meme-meme keren, Indonesia mempunyai Kaskus. Tanpa disadari penggunanya, Kaskus telah melahirkan meme-meme seperti‘Pertamax’, ‘Pejwan’, ‘Nais inpo gan’ dan ‘Ngelawak gan?’
Sementara di youtube kita punya Sinta-Jojo, Briptu Norman, Udin Sedunia, dan kemungkinan masih bertambah lagi.
Ini video Sinta-Jojo - Keong Racun yang fenomenal di tahun 2010:
Sementara di tumblr kita punya fuckyeahmahasiswa yang membuat meme dari masalah mahasiswa sehari-hari. Sayang tidak semua memenya original.
meme ‘ngelawak gan?’ bermaksud untuk mengatakan sesuatu yang tidak lucu
Saya lihat sekarang mulai banyak pengguna Internet Indonesia yang sadar akan adanya Internet Meme. Terbukti dengan adanya tumblr Indonesian Meme dan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar