Kamis, 24 November 2011

profesionalisasi blog gratis


Sangat banyak situs penyedia blog gretongan, bahkan ratusan. Tetapi situs mana yang bisa diprofesionalisasi (cari duit), belum tentu sebagian besar orang mengetahuinya.
Ok, mari kita mulai ulas satu persatu diantara 5 terbaik yang paling dikenal.
Wordpress, blog gretongan ini adalah blog yang paling banyak dikenal didunia. Fasilitasnya lengkap, banyak template dan plugin gretongan, mudah dioperasionalkan. Bahkan oleh seorang buta huruf sekalipun. wkwkwkwk. Tetapi kelemahannya tidak sedikit. Yang paling utama, blog ini sangat mengharamkan pemasangan script apapun yang berbau komersial. Sekali anda ketangkap melakukan komersialisasi, tamatlah riwayatnya.
Blogspot, Blog gretongan ni dibawah bendera Google, sangat minim fasilitas, tapi easy handling bagi pemula. Sekali anda paham widgetisasi, semuanya lancar. Selain itu, blog ini bisa dimonetize dengan menggunakan adsense. Nah fasilitas yang ini banyak sekali diantara kita yang mengabaikannya. Sama-sama gretongan, blog ini lebih diutamakan dalam indeksasi search engine google daripada blog lainnya. Akun adsense anda bisa digunakan diblog-blog anda lainnya secara bebas. Kelemahannya, Karena fasilitasnya sedikit, dan semua script terkumpul dalam bentuk XML, maka sering sekali overload dan error, dan susah untuk diupgrade tampilan beserta fasilitasnya. Jadi kalau mau nempel ads ya bisa keringatan.
Squidoo, blog gretongan ini merupakan salah satu blog yang paling kaya fasilitas monetizing. Didalamnya ada adsense, ebay, amazon, dan lain-lain. Anda tinggal pasang widget dan kirim rekening paypal anda. Kalau anda nggak mau duitnya, tinggal disumbangkan saja keberbagai lembaga yang ada di daftar mereka. Kelemahannya, Hampir tidak ada. Fasilitasnya sangat lengkap, jejaringnya sangat kuat, indeks search engine termasuk yang diutamakan, dan dalam sejarah belum pernah ada berita blog tersebut di hack oleh para pencoleng. Hanya saja banyak orang Indonesia yang belum mengenalnya. Selain itu, akun adsense terpusat di squido sehingga anda tidak akan bisa memasang scriptnya diluar squidoo.
Flixya. Blog gretongan ini adalah blog yang paling banyak disasar oleh mereka pencari adsense. Blognya powerfull, easy handling, termasuk diutamakan dalam indeksasi search engine.Kelemahan adsense anda dipotong 5%, Tetapi kalau anda memasangnya di blog milik anda yang lainnya, maka anda menerima 100%. Sayang masih belum banyak dikenal terutama oleh orang Indonesia.
Weebly. Sama dengan blogspot, blog gretongan ini saham mayoritas dimiliki oleh Google. Oleh karenanya sangat mudah untuk mencari duit dari adsense. Akun adsense anda bisa dipasang diblog anda manapun selain weebly. Kelemahannya penggunaannya jauh lebih rumit dari blogspot. Tetapi dalam hal kekayaan fasilitasnya, weebly relatif lebih baik daripada blogspot pendahulunya.
Renungan:
  1. Kalau sasaran anda ngeblog hanya untuk mengeluarkan uneg-uneg, sebaiknya ditulis ditembok kamar mandi, WC umum, atau kamar mertua.
  2. Kalau sasaran anda ngeblog untuk menampung ide dan memfile tulisan anda, sebaiknya ditulis di wordpress, terus difile dan disimpan diflashdisk atau external hardisk.
  3. Kalau sasaran anda ngeblog untuk sharing ide murni tanpa mencari uang, karena begitu mulianya hati anda, tetapi sambil numpang beken dan sukur-sukur bisa tervaforit,  kirim tulisan ke Kompasiana.
  4. Kalau anda ingin sharing dan mengukur tingkat kehebatan tulisan anda, silahkan diadu di allvoices, globalresearch, sitepoint, atau minimal reditt.
  5. Kalau anda mampu membuat tulisan yang bagus dan layak jual tapi anda emoh duitnya, silahkan nulis di squidoo.
  6. Kalau anda pingin nulis, menyimpan file sekaligus sharing, dan ingin mengelola secara bebas serta tidak direcoki oleh admin, anti duit, silahkan nulis di wordpress.
  7. Kalau anda pingin tulisannya bisa menghasilkan uang, tapi pinginnya makai blog gretongan (dasar orang pelit), silahkan nulis di blogspot, flixya, squidoo, dan weebly.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar