Rabu, 28 Desember 2011

Cara baru untuk melacak PC di internet

Seorang peneliti di University of California mengatakn dia telah menemukan cara baru untuk mengidentifikasi komputer secara remote. Sebuah cara yang dapat melacak identitas web surfer anonym dengan memanfaatkan teknik-teknik keamanan jaringan yang tidak umum.
Tadayoshi Kohno, seorang mahasiswa doktoral, menulis dalam makalahnya, 'Ada beberapa teknik ampuh untuk mengidentifikasi sistim informasi secara remote, yaitu mementukan sisitim informasi apayang digunakan suatu device di internet. Kami mengembangkan ide ini lebih jauh untuk memperkenalkan sebuah cara untuk secara fisik mengidntifikasi device tersebut tanpa sepengetahuan device tersebut'.
Potensi dari aplikasi teknik yang dikembangkan Kohno sangat besar. Sebagai contoh, akan memungkinkan untuk melacak suatu device yang terhubung ke internet melalui beberapa access point yang berbeda. Dalam bidang penyelidikan criminal, teknik yang dikembangkan Kohno telah menarik minat para penyelidik FBI. Ini karena teknik Kohno dapat digunakan untuk mengikuti suatu laptop yang berpindah-pindah, atau menentukan dalam penyelidikan forensic apakah suatu laptop digunakan untuk mengakses internet dari suatu tempat dan waktu tertetu.
Hebatnya lagi dalam penelitiannya, Kohno menemukan bahwa tidak diperlukan modifikasi atau kerjasama dari device yang ingin diidentifikasi. Kohno sudah menguji teknik ini pada beberapa sistem operasi termasuk Windows XP dan 2000, Mac OS X Panther, Red Hat dan Debian Linux, FreeBSD, OpenBSD, dan bahkan Windows PocketPC 2002.
Penelitian kohno belum merupakan akhir dari anonimitas di intrnet, tetapi jelas merupakan perkembangan baru dari 'perlombaan senjata' antara para pengembang teknik anonimitas dan teknik pelacak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar