Rabu, 28 Desember 2011

Teknik untuk mendeteksi keberadaan host internet

Bagaimana caranya supaya kita dapat mengetahui apakah suatu host online di internet ? LAN ? WAN ? secara mudahkita dapat menggunakan program ping. Namun dewasa ini banyak router/firewall yang dikonfigurasi untuk memfilter paket ICMP echo request, sehingga program ping tidak bisa kita gunakan untuk mendeteksi keberadaan suatu host.Dibawah ini adalah beberapa teknik untuk mengetes apakah suatu host online atau tidak.
UDP
Secara default host akan mengirimkan ICMP_PORT_UNREACHABLE jika suatu paket data UDP dikirimkan ke port yang tidak dibuka. Dengan begitu kita dapat mengetahui apakah suatu host online atau tidak. Anda bisa menggunakan program traceroute !!.
TCP->SYN
Setiap host akan me-replay paket yang dikirimkan baik pada port yang terbuka ataupun tidak. Jika paket data dikirim ke ke port yang terpakai host akan me
replay dengan SYN|ACK flag di set, sebaliknya akan di set RST|ACK. Jika tidak ada paket yang dikirim kita dapat mengasumsikan bahwa target host dipasangi firewall, atau port di filter.
TCP->SYN|FIN
Seperti halnya TCP->SYN ketika suatu port menerima paket dengan flags ini diset ia akan mengirim replay dengan flags SYN, FIN, ACK diset. sebaliknya pada port yang ditutup RST|ACK akan dikirimkan.
TCP->ACK
Dengan mengeset bit ACK pada TCP dan mengirimkannya ke target host baik pada
port yang terbuka/tertutup flag RST akan diset pada paket replay.
TCP->FIN
Port yang tetutup akan mengirimkan RST|ACK sedang port yang terbuka tidak akan mengirimkan replay.
ICMP->13
Ketika paket ICMP dengan type 13 (Timestamp Request) dikirimkan ke host target,jika host tersebut online ia akan menjawab dengan ICMP no 14 (Timestamp Reply).
IP->IP_PROTO = 0;
Teknik terakhir yang dibahas disini adalah dengan mengirimkan paket IP dengan protokol yang tidak dipakai. Jika target host menerima paket ini ia akan mengirimkan pemberitahuan ke pengirim berupa ICMP protokol unreachable.
Perlu diperhatikan bahwa tidak semua sistem operasi akan mereplay tiap paket
diatas. Anda bisa juga menambahkan teknik lain dengan berbagai kombinasi flags pada TCP, ataupun setting pada IP header.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar