Jumat, 09 September 2011

Aplikasi Penjelajah Waktu dan Luar Angkasa

solar_system
Pengen jalan-jalan ke luar angkasa? Hmm, kayaknya Cuma mimpi deh, lagian juga di luar angkasa kan belum ditemuin oksigen, jadi kita masih belum bisa bernapas dengan bebas, palingan kita masih tergantung ama tabung oksigen buat astronot gitu.
Tapi sebentar lagi kita bisa jalan-jalan ke luar angkasa, tentunya jalan-jalan secara virtual. Baru-baru ini saya denger kalo NASA mengembangkan sebuah aplikasi untuk menjelajahi luar angkasa di situs yang bisa kita semua buka. Apakah nama aplikasi tersebut?
eyes-on-the-solar-system
Aplikasi yang dikembangkan oleh NASA ini namanya Eyes of the Solar System, sebuah aplikasi interface yang membuat kita bisa seolah-olah merasa di luar angkasa dan menjelajahi berbagai pertualangan. Selain itu, kita juga bisa liat berbagai misinya NASA, baik yang udah lalu maupun yang lagi berjalan. Sehingga kita bisa melihat tata surya secara real time.
Layanan virtual berbasis web aplikasi ini sebenarnya menggunakan mesin video game, yaitu mesin game Unity supaya bisa keliatan model planet, satelit dan berbagai benda luar angkasa lainnya di sistem Tata Surya kita. Cara gunainnya juga kita hanya dengan menggunakan keyboard dan mouse aja buat pergi ke tempat yang kita mau jelajahin.
learning-eyes-on-the-solar-system
Nggak Cuma itu doang, ternyata di aplikasi Eyes of the Solar System tersebut, kita bisa seolah-olah menjelajahi waktu, yah walaupun terbatas dari tahun 1950 sampai ke tahun 2050 mendatang. Di dalam aplikasi tersebut, udah ada data tentang misi NASA sebelumnya dan perkiraan proyeksi pada tahun 2050. Jadi dengan aplikasi Eyes of the Solar System ini kita bisa berpetualang menjelajahi waktu selama beberapa tahun hanya dengan hitungan detik aja, keren banget kan…..
Aplikasi ini juga memiliki fitur tambahan berupa sudut pandang yang bisa diubah-ubah, baik kalo kita mau liat dari jarak deket maupun dari jarak jauh. Terus kita juga bisa milih mau melihat pake mode 2D atau 3D, tentu aja kalo kita mau melihat dengan menggunakan mode 3D supaya lebih keren dan asik, kita harus menggunakan kacamata 3D yang nyaman.
navigate-eyes-on-the-solar-system
Wah, jadi penasaran banget kan sama aplikasi Eyes of the Solar System ini, kalo Anda udah nggak sabar, ayo kita jalan-jalan ke luar angkasa. Kita buka situsnya di http://solarsystem.nasa.gov/eyes/. Mari kita berpetualang bersama dan menjelajahi waktu di luar angkasa, hehehehe……

Tidak ada komentar:

Posting Komentar