Jumat, 09 September 2011

Apple Inc. Produsen Smartphone Terbesar 2011


iPhone dari Apple Inc. Sumber foto: bgr.com
Apple Inc. terus menancapkan dominasinya di pasar smartphone dunia. Diperkirakan tahun 2011 ini, Apple Inc. akan menjadi produsen smartphone terbesar di dunia mengalahkan Nokia yang sudah cukup lama menjadi nomor satu. Hal ini dilaporkan oleh sebuah biro riset yang berbasis di Taiwan, DigiTimes. Menurut DigiTimes, secara keseluruhan, smartphone yang dikapalkan di tahun 2011 adalah sebesar 462 juta unit. Jumlah ini mengalami kenaikan sebesar 60% dibandingkan tahun 2010 yang lalu yang berada di angka 288 juta unit.
Apple Inc. diperkirakan akan mengapalkan sedikitnya 86,4 juta iPhone  di tahun 2011 ini, jumlah ini mengalami kenaikan sebesar 82% dari posisi tahun 2010 yang berjumlah 47,5 juta unit. Sementara Nokia mengalami penurunan pengapalan dari lebih 100 juta unit di tahun 2010 yang lalu menjadi hanya sekitar 74,4 juta unit di tahun 2011. Meskipun mengalami peningkatan yang sangat fantastis, pertumbuhan Apple Inc. masih kalah dibandingkan dengan produsen China Huawei yang mengalami pertumbuhan paling pesat di tahun 2011 ini dan makin mendekatkan posisi Huawei kepada Sony Ericsson dan Motorola.
Menurut Luke Lin analis dari DigiTimes, Huawei salah satu bintang paling bersinar saat ini selain ZTE dan Apple Inc. tentunya. Diperkirakan Huawei mengalami pertumbuhan pengapalan smartphone sebesar 400% di tahun 2011 ini. Huawei dan ZTE yang merupakan produsen asal China diuntungkan oleh adanya Android Google yang memungkinkan mereka menjual smartphone dengan harga yang cukup terjangkau. ZTE sendiri walaupun masih sangat kecil jumlah pengapalannya, yaitu 14,2 juta unit, namun jumlah ini merupakan kenaikan sekitar 330,3% dari posisi tahun 2010 yang lalu.
1315360720407547208
Nokia yang terus mengalami penurunan market share di smartphone tampaknya terus mengalami penurunan jumlah pengapalan. Walaupun tetap memproduksi beberapa smartphone berbasis Symbian, tampaknya sambutan pasar tidak begitu antusias. Hal ini berdampak kepada perkiraan jumlah pengapalan Nokia di tahun 2011 ini yang turun sebesar 25,8% dibandingkan tahun 2010 yang lalu.
Samsung yang diperkirakan bisa memberikan perlawanan bagi Apple Inc. tampaknya harus cukup puas berada di posisi ketiga dengan 67 juta unit. Jumlah ini naik cukup tinggi bila dibandingkan dengan tahun 2010 yang lalu yang berada di angka 23 juta unit.  Kembali Android Google memainkan peranan cukup besar bagi keberhasilan peningkatan jumlah pengapalan smartphone Samsung. Demikian juga produsen asal Taiwan HTC. HTC mengalami pertumbuhan year on year sebesar 106,2% dibandingkan tahun 2010 yang lalu sehingga bisa mengapalkan 49,7 juta unit smartphone yang sebagian besar tentunya berbasis Android.
RIM produsen BlackBerry asal Kanada pada tahun 2011 ini diperkirakan masih akan mengalami peningkatan pengapalan sebesar 12,8%. Memang tidak terlalu bagus bila dibandingkan dengan produsen seperti Apple Inc. dan Samsung, namun masih lebih bagus bila dibandingkan dengan Nokia yang mengalami penurunan pengapalan sangat besar.
Hal yang menarik dari ekspektasi yang dilakukan oleh DigiTimes ini adalah bahwa Apple Inc. hanya mengeluarkan satu  smartphone, yaitu iPhone. Hal ini menjadikan Apple Inc. sebagai satu-satunya vendor dengan satu smartphone. Secara akumulasi, jumlah pengapalan smartphone berbasis Android di tahun 2011 masih lebih besar dibandingkan dengan iPhone. Beberapa waktu yang lalu, Google memperkirakan sekitar 550.000 Android diaktifkan setiap hari dari berbagai vendor di dunia terutama vendor besar seperti Samsung, HTC, Motorola dan Sony Ericsson. Dengan makin berkembangnya Huawei dan ZTE, jumlah Android yang diaktifkan setiap hari tentunya akan makin meningkat lebih banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar