Jumat, 09 September 2011

Fungsi Baru di FaceBook (mendengarkan Google One)

Situs Jaringan Sosial, yang banyak dipakai orang Indonesia adalah FaceBook. Tidak hanya Indonesia, tetapi sejumlah penduduk di negara2 lain juga menggunakannya. Oleh karena itu FaceBook menjadi salah satu alat komunikasi yang cepat dan murah. Google yang sukses dalam pengembangan sistem pencarian baik text, image atau map rupanya juga mengincar “kesuksesan” membikin Social Media Network sendiri, dan di beri nama “Google One”.  Jadi secara gampang “Google One” itu adalah sejenis FaceBook, yaitu situs sosial network.  Google One memberikan fungsi2 baru yang tidak dipunyai FaceBook, dan dengan alasan fungsi2 ini “beberapa” orang pindah dari FaceBook ke Google One.  Untuk pengguna kompasiana, kalau memperhatikan di bawah artikel selalu ada penghubung ke Twitter, dan FaceBook.  Dan belum lama ini ada juga Google One di dekatnya dengan simbol “+1″, ini sama dengan fungsi Share di FaceBook.
Fungsi Baru di FaceBook akibat munculnya Google One
Belum lama ini di FaceBook di bagian Dinding (Wall ) masing2 pengguna, di bagian penulisan Status ada perubahan layout. Dahulu kalau kita posting atau tulis status, semua teman2 kita bisa membaca apa yang kita tulis.  Padahal kadang kita ingin menuliskan sesuatu bukan untuk semua orang tapi untuk orang tertentu.  Mungkin ada yang bilang kan bisa di Inbox, atau message.  Banyak orang mungkin tidak suka inbox karena memang ini bukan message, tetapi sekedar sharing tapi untuk orang tertentu. Kalau di inbox/message ada kesan yang dikirim musti baca dan kita mengharapkan balasan.  Rupanya Google One lebih dulu membuat sistem ini, yaitu Sharing di Dinding/Wall tapi untuk beberapa orang saja.
Meski yang pindah atau migrasi dari FaceBook ge Google One tidak banyak, rupanya FaceBook takut juga kehilangan pengguna. Oleh karena itu di FaceBook dibuat juga Sharing di Wall ( penulisan status ), tetapi bisa diatur siapa yang bisa membaca status itu.  Sebagai default ( jika kita tidak melakukan sesuatu ) , status kita bisa dilihat oleh semua orang. Di dekat tombol [Post] atau [Kirim] ada tulisan Friends/Teman.  Bila kita ingin mengatur teman2 tertentu yang bisa melihat sharing kita, maka ubah setting ini ke “Custom” atau “Khusus”.
Setelah kita pilih Custom/Khusus kita tinggal tuliskan nama2 dari teman kita yang bisa lihat sharing kita. Bisa  juga ditulis siapa yang tidak boleh melihat sharing ini ( bisa dilihat oleh semua teman2 kecuali si A misalnya ).  Ditambah satu pilihan lagi yaitu bisa ke semua orang ( publik ), jadi tidak hanya teman.  Fungsi Sharing atau Berbagi status terhadap “Special Friends” inilah yang menjadi inti, dan ini dibuat karena “mendengarkan orang2 yang pindah ke Google One”.
Saya sertakan beberapa screen shot dari interface di FaceBook di layar komputer, untuk interface di mobile phone mungkin agak berbeda, tapi prinsipnya sama.  Jadi mulai sekarang tidak perlu menggunakan Inbox bila hanya share saja, dan teman2 yang bisa melihat sharing itu juga tahu bahwa sharing itu hanya untuk beberapa orang atau special person.  Selamat mencoba.
1315214628487432180
Fungsi Baru di FaceBook

Tidak ada komentar:

Posting Komentar