Jumat, 09 September 2011

IM3 Menjual Nama XL untuk Menipu Customer

Sebenarnya kejadian ini sudah agak lama, sekitar 3 bulan yang lalu. Tapi karena membaca tulisan ini, saya jadi kembali tertarik untuk menulis pengalaman saya tersebut. Sekaligus biar teman-teman bisa belajar dari pengalaman ini. Apalagi pulsa adalah uang yang mudah sekali dicuri tanpa bisa kita cegah.
Di siang yang terik.
“ddrrrrtt….ddrrrttt” HP ku bergetar.
“ya halo, selamat siang”
“selamat siang pak, kami dari XL ingin memberitahukan kabar gembira bagi bapak. Bapak adalah pemenang grand prize dari xl. Bapak berhak atas uang sebesar 80 juta rupiah. Bapak hanya diwajibkan mentransfer uang sebesar 500 ribu sebagai uang administrasi” Sapa seorang dari seberang.
“OH terima kasih ya pak. Jadi bagaimana saya harus mengambil hadiahnya?” (Saya pura2 oon)
“nanti kami akan kirim no rekening, bapak harus mentransfer uang sebesar 500 ribu ke nomor tersebut” (makin aneh)
“gimana kalau uang hadiahnya dipotong saja pak, potong 50 persen juga ga masalah. Lalu saya akan transfer uang saya ke rekening bapak” (:P)
“oh tidak bisa pak, memang itu prosedur nya”
“oh ok lah.. kalau begitu saya harus pastikan di websitenya dulu. Apa nama website xl ya pak?”
dia terlihat ragu.
“engg.. www.xl.com” (Saya kekeh dalam hati)
“bukannya Xl.co.id pak?”
“oh iya,, xl.co.id”
“btw bapak dari xl kan?”
“iya pak”
“kenapa nelpon saya pake no IM3″
“ooh kami ada kerja sama pak”
“ooh gitu, uang hadiahnya itu buat bapak aja. Biar kerja samanya makin baik. Kalau ga untuk biaya keluarga bapak agar tidak perlu nipu orang untuk nyari uang. Lain kali kalau mau nipu orang survey dulu ya pak”
“tut tut.. tut..”
HP nya dimatikan. Saya tertawa terpingkal-pingkal. Sebenarnya saya bisa saja langsung mematikan kontak itu. Tapi saya ingin mengerjai orang tersebut biar kapok. Sengaja saya berlama-lama dan pura-pura tertarik. Padahal saya sengaja agar pulsa dia habis. :D. Ini baru penipuan yang dilakukan manusia.
Di sisi lain, perampokan dan penipuan serta pembodohan bisa juga dilakukan oleh operator selular kita sendiri. Memang sekarang tidak ada operator selular yang bisa dipercaya. Kalau dulu cukup dengan tidak menggubris aneka fitur layanan seperti ketik REG Spasi dan kirim ke bla bla bla. Dulu cara itu memang ampuh untuk menghindari kita dari kemalingan. Tapi kali ini tidak, operator bisa mencuri pulsa kita tanpa kita mendaftar terlebih dahulu. Bahkan saya pernah dikirimi SMS preview pertandingan liga Inggris (Arsenal Vs Liverpool dua minggu yang lewat) oleh operator terlkomsel. Padahal pertandingannya sudah berlalu 3 hari sebelumnya.
Kasus lain adalah, ketika datang pesan. “Jangan isi pulsa dulu, bisa jadi pulsa kamu ditambah secara otomatis. Silahkan cek di *465*xx#”. Lalu ketika kita mengetik hal serupa dan Call. Maka akan muncul pesan “selamat anda telah berlangganan… bla bla bla..”. Tanpa konfirmasi terlebih dahulu maka pulsa akan terpotong 2000-4000 perharinya tanpa kita tahu bagaimana cara menghentikannya.
Khusus pengguna XL, jangan sesekali mengirim SMS dengan awalan huruf “x” di depannya. Dengan tulisan seperti itu, anda akan dianggap mendaftar di “XSMS Xperia” dengan biaya 2000/hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar