Jumat, 09 September 2011

Berkat iPhone Pesawat Hilang Ditemukan

Teknologi memang semestinya membantu manusia dalam menjalankan segala aktivitasnya atau setidaknya mempermudah melakukan pekerjaan. Peristiwa yang baru-baru ini terjadi menunjukkan kegunaan teknologi dalam kehidupan manusia. Salah satu fitur iPhone yang disematkan sejak 2009 lalu “Find My iPhone” telah membantu menemukan pesawat yang tenggelam di laut di Chile.
Sebuah pesawat militer Chile minggu lalu dikabarkan mengalami kecelakaan dan jatuh tenggelam ke laut di dekat Pulau Robinson Crusoe yang tahun lalu dilanda badai. Pencarian terus dilakukan tapi belum menampakkan hasil karena sinyal dalam pesawat tersebut mati dan tidak tertangkap radar regu penyelamat. Kecelakaan itu setidaknya menewaskan 17 orang.
Beberapa hari kemudian keluarga dari salah satu korban tersebut memberitahukan bahwa saudaranya yang menjadi korban membawa iPhone. Seketika mereka membuka web dan memanfaatkan fitur Find My iPhone dan berhasil menemukan posisi jatuhnya pesawat sebelum tenggelam ke laut. Hingga saat ini koordinat pesawat tersebut memang belum diumumkan secara resmi tapi setidaknya regu penyelamat dari Angkatan Laut telah mendapatkan informasi yang sangat berharga berkat iPhone yang dibawa korban.
Find My iPhone adalah fitur yang ada di iPhone sejak keluarnya iOS 4.2. Dengan fitur ini pengguna iPhone bisa menemukan lokasi iPhone yang hilang atau dicuri orang meskipun dalam kondisi dimatikan karena fitur ini bekerja dengan GPS. Bahkan fitur ini bisa mengirimkan pesan di lockscreen (halaman depan iPhone yang terkunci) kepada penemu atau pencuri iPhone untuk segera mengembalikan ke alamat yang dikirimkan atau menghubungi nomor telepon yang diberikan. Melalui web, si pemilik iPhone juga bisa menghapus data atau mengembalikan iPhone tersebut ke dalam default setting bahkan menguncinya sehingga iPhone tidak bisa digunakan oleh penemu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar